Header Ads

Studi Rekreatif Belajar Pembuatan Batu Bata



GENENG, NGAWI -- Memberikan pembelajaran mengenal alam, mengajarkan anak kreatif dan aktif dalam belajar, mengajarkan anak cinta lingkungan, mengajarkan betapa besarnya Allah dalam setiap ciptaannya dikemas SD Luqman Al Hakim dalam kegiatan Studi Rekreatif. Begitu disampaikan oleh Penanggung Jawab program Studi Rekreatif, Ustadzah Nur Hasanah.

Hari ini, Sabtu (24/11/2018), siswa kelas 1,2, dan 3 SD Luqman Al Hakim mengikuti Studi Rekreatif ke pusat industri batu bata di desa Pilang Payung, kecamatan Geneng, kabupaten Ngawi.

Studi Rekreatif SD Luqman Al Hakim kali ini dipusatkan di rumah Jupri, salah satu produsen batu bata. Siswa diberikan informasi terkait cara pembuatan batu bata mulai dari pemilihan bahan batu bata, proses pencampuran air dengan tanah, membuat adonan batu bata hingga proses mencetak batu bata.

  

Jupri selaku produsen batu bata mengaku bahwa proses pembuatan batu bata ini prosesnya bisa mencapai 1 bulan, tergantung kondisi cuaca. Ketika cuaca cerah dan tidak hujan maka prosesnya bisa kurang dari 1 bulan, tetapi jika musim hujan maka prosesnya bisa 1 bulan bahkan lebih.

Anak – anak terlihat begitu semangat dan antusias saat praktik pembuatan batu bata. Saat membuat adonan batu bata, siswa diajari mengempalkan tanah dengan cara menginjak – injak sampai air dan tanah tercampur rata. (SDLH)

No comments

Powered by Blogger.