Header Ads

Bakti Sosial Peduli Lingkungan SD Luqman Al Hakim



NGAWI -- Ada yang berbeda dengan suasana hari Jumat (14/05/2010) pagi di Jl. A. Yani Ngawi. Lebih dari seratus anak usia SD sedang mandi keringat melakukan sebuah aktivitas yang cukup menarik dan bisa menjadi contoh bagi masyarakat pada umumnya.

Pagi yang biasanya hanya diramaikan oleh lalu lalang kendaraan bermotor, kali ini dihiasi juga dengan riuhnya anak – anak dari SD Luqman Al Hakim Ngawi yang sedang melaksanakan aksi Bakti Sosial Peduli Lingkungan dengan cara Mencabut Paku sisa Pemilu/Pemilukada, juga pamflet-pamflet yang dipasang tidak pada tempatnya, yaitu di pohon – pohon taman kota. Sebagian yang lain mencabuti rumput liar di sekitar taman hias kota serta memungut sampah yang berserakan di jalan – jalan.

Menurut Ustadz Ali Imron, koordinator aksi, bahwa kegiatan ini adalah bagian dari program Jumat Bersih SD Luqman Al Hakim Ngawi (Bersih Hati, Bersih Diri, dan Bersih Lingkungan) yang bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada anak didik khususnya dan masyarakat Ngawi pada umumnya agar memahami arti dari sebuah keindahan, ketertiban dan kebersihan lingkungan.

"Inilah salah satu implementasi pendidikan integral tauhid yang mengajarkan setiap anak untuk secara sadar memelihara lingkungan atau alam sekitarnya sebagai bentuk tanggungjawab Ibadah kepada Allah SWT," tuturnya.

Selain itu, kegiatan ini merupakan upaya kritik kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang sering menggunakan media jalan raya sebagai alat promosi atau publikasi kepentingannya agar lebih bijak dan bertanggungjawab dalam menempatkan kepentingannya di atas kepentingan publik demi terjaganya kelestarian dan keindahan lingkungan.

Acara ini berakhir pukul 10.30 dengan berkumpul di Kantor Dinas PU Bina Marga, Cipta Karya, dan Kebersihan dengan menyerahkan paku-paku serta rumput-rumput liar hasil dari aksi peduli lingkungan tersebut. Tak kurang 1 ember paku yang berkarat dan karung-karung sampah atau rumput liar diserahkan langsung kepada Kepala Dinas PU Bina Marga Cipta Karya dan Kebersihan Kabupaten Ngawi yang pada kesempatan ini diwakili oleh Muhdori.



Kegiatan ini sebagai pesan agar semua masyarakat khususnya Dinas terkait selalu bersama – sama masyarakat menjaga alam yang indah pemberian dari Allah SWT ini. Bersama itu pula diserahkan secara simbolis tanaman hias sebanyak 50 pohon / tanaman hias untuk taman kota.

"Kami menyampaikan banyak terima kasih khususnya kepada anak-anak SD Luqman Al Hakim yang telah membantu menjaga dan berpartisipasi langsung dalam memelihara kebersihan Lingkungan," ujar Muhdori.

Lebih lanjut pihaknya juga menegaskan bahwa kebersihan merupakan tanggung jawab kita semua, tidak peduli anak-anak, orang dewasa, kaya atau miskin harus selalu menjaga kebersihan lingkungan. Melalui kegiatan Peduli Lingkungan ini Mudah – mudah setiap warga dan masyarakat dewasa mampu mengerti akan maksud dari aksi anak – anak terpuji itu.

____
Ditulis oleh Basori/Mkt di nyamuknyamuk.wordpress.com
Diedit dan dipublikasikan ulang oleh Admin SDLH Ngawi

No comments

Powered by Blogger.